Perkembangan Terkini : Penggunaan Istilah Konseling

Oleh : Prof. Dr. Prayitno, M.Sc., Ed.

Prof. Prayitno

Dipahami bahwa bidang pelayanan BK yang dikembangkan di Indonesia sejak awal tahun 1960-an, diawali istilah dasar yang diambil dari Dunia Barat, khususnya  Amerika Serikat. Sebutan bimbingan dan konseling (disingkat BP) merupakan terjemahan dari guidance and counseling (disingkat GC). Sampai-sampai organisasi profesi yang dibentuk oleh insan-insan BP di tanah air namanya pun sama atau terjemahan dari organisasi sejenis di Amerika Serikat, yaitu: Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia (disingkat IPBI) yang merupakan terjemahan dari American Personnel Guidance Associattion (disingkat APGA). Kemudian disadari bahwa kata penyuluhan ternyata sudah dipakai untuk berbagai bidang kegiatan yang berbeda (seperti Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Hukum, Penyuluhan KB) timbullah gerakan untuk mengubah kata penyuluhan pada BP itu dengan kata konseling. Untuk ini disetujui oleh pemerintah melalui SK Menpan No.84/1993. Kata konseling dipakai dalam nama organisasi yang tadinya Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia (IPBI) menjadi Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN).

Sesuai dengan perkembangan konsep dan implementasi pelayanan BK/GC dari waktu ke waktu, penggunaan  kata bimbingan/ guidance  dalam BK/GC juga berubah. Belkinlah (1975) yang memulai menggunakan istilah Counseling untuk melebur segala sesuatu yang selama ini disebut guidance and counseling. Selanjutnya, sejak tahun 1980-an kata guidance dalam konsep GC pada umumnya sudah ditinggalkan dan APGA-pun berubah dengan menanggalkan G-nya berubah menjadi American Association for Counseling Development (AACD) sejak 1985 dan akhirnya menjadi American Counseling Association (ACA) sejak 1992 (Nejedlo.al., 1994; Sheeley, 2002).

Di Indonesia, meskipun beberapa dokumen resmi (seperti DSPK, Permendiknas No.22/2006, Panduan Pengembangan Diri) telah menggunakan istilah pelayanan konseling (bukan pelayanan bimbingan dan konseling), organisasi yang membidangi profesi konselor masih menggunakan nama ABKIN yang di dalamnya masih ada kata bimbingan. Istilah bimbingan ini memang perlu dipertimbangkan untuk dihapus sehingga istilah BK (bimbingan konseling) menjadi K (konseling) saja.

Hal ini pernah diisyaratkan oleh ketua umum IPBI pada Kongres IX IPBI di Bandar Lampung tanggal 15-17 Maret 2001. Lebih terarah lagi, perlu diperhatikan penggunaan kata bimbingan dalam Pasal 39 ayat (2) dalam UU.No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan:

Pendidik merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan bimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.

Pada kutipan di atas dengan amat jelas terlihat bahwa kata bimbingan digunakan pada setiap konsep tentang tugas ataupun kinerja pendidik, yaitu guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, fasilitator, dan instruktur. Dengan demikian kegiatan membimbing sudah menjadi ranah atau domain kinerja semua pendidik. Dengan demikian kata bimbingan sudah dengan sendiri melekat pada predikat semua pendidik. Dalam kondisi seperti itu apa perlunya kata bimbingan atau membimbing diletakkan secara eksplisit pada bidang kerja konselor. Bukankah, seperti pada pendidik lainnya, pada wilayah kerja konselor sudah semestinya atau dengan sendirinya ada domain yang disebut bimbingan atau membimbing? Dalam hal ini, untuk menghindari istilah ataupun pemahaman konsep yang berlebihan, tumpang tindih atau malah tidak jelas, maka kata bimbingan dalam ranah kerja konselor ditinggalkan saja, sehingga istilah yang dipakai adalah istilah tunggal, yaitu konseling saja.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s